Sabtu, 24 Oktober 2009

Renungan-Spiritual
Siapa Tuhan itu ,…?
Tuhan adalah kehendak universal yang berwujud alam semesta,..
Semua yang kamu dengar adalah suara Tuhan,…………………
Semua yang kamu lihat adalah rupa Tuhan,……………………….
Semua yang kamu rasakan adalah sentuhan Tuhan,………………
Tidak ada yang bukan Tuhan, …karena yang ada hanya Tuhan,….
Seekor sapi, adalah wujud Tuhan sebagai sapi, Dia membawa sifat-sifat sapi,..
Seekor harimau adalah wujud Tuhan sebagai harimau , Dia membawa sifat-sifat harimau,..
Harimau memangsa sapi, adalah aktivitas Tuhan dalam permainan Maya,..
Sapi menjalankan darmanya sebagai sapi,…dia hidup dan mati sebagai sapi,..
Harimau menjalankan perannya sebagai harimau, dia membunuh untuk makan
Jika harimau tidak mau membunuh, maka dia akan mati kelaparan,…
Kehadiran Tuhan dalam diri setiap orang terlihat pada wujud Darmanya ,...
Pedagang menjalankan darmanya sebagai pedagang, dia menimbun makanan,…
Perampok menjalankan darmanya sebagai perampok, Dia mendapat makan dari merampok.
Perampok yang tidak mau merampok akan mati kelaparan,…
Darma perampok adalah merampok, menegakkan hukum2 pala-karma
Baik perampok maupun yang dirampok adalah wujud dari Tuhan,…
Sama dengan tangan kiri dan tangan kanan dari Ki Dalang, hanya wayangnya yang berbeda.
Pedagang dan perampok adalah wayang dalam permainan Maya, bermain hanya semalam.
Kamu baca sejarah suatu bangsa, adalah permainan maya yang panjang,..
Raja muda muncul, raja tua digusur, darah mengalir sepanjang masa,……
Pahlawan perkasa muncul, menumbangkan kekuasaan lalim,….
Raja muda, raja tua, pahlawan, penguasa, semuanya lenyap ditelan masa.
Mereka bermain hanya sehari, hari berikutnya pemain diganti dengan thema yang sama.
Dalam permainan maya, ada tokoh yang jujur itupun akan hancur pada saatnya
Ada tokoh yang curang, nampkanya mempunyai nasib yang baik pada waktunya.
Semua itu bukan tergantung pada tokohnya, tetapi pada jalan ceritra mayanya.
Tujuan permainan maya ialah mengoyak-ngoyak emosi para penontonnya,..
Sebagai penonton, kamu jangan marah kepada pemain yang melakonkan curang,…
Jangan pula membanggakan pemain yang melakonkan kebaikan,..
Mereka hanya wayang yang diberi carakter sesuai carakter tokoh yang dimainkannya.
Setelah selesai permainan, semua para tokoh dilebur kembali menjadi tanah liat.
Tidak ada tokoh yang istimewa, tidak ada pula yang tidak berharga,…
Dihadapan KI Dalang semua wayang kedudukannya sama, sebagai alat permainan.
Manusia, binatang, laut, gunung, semua itu adalah componen panggung sandiwara maya.
Penguasa, pengusaha, pahlawan, politisi, perampok, pendeta, jembel, adalah para pemain.
Tidak ada yang lebih, dan tidak ada yang kurang, semua seperti anjing rumput.
Lihatlah seorang nabi, disalibkan sejajar dengan seorang kepala penyamun,..
Janganlah kamu ingin menjadi nabi, menjadi orang suci, atau menjadi raja-diraja,..
Jadilah kamu seperti apa yang kamu ada sekarang, sudah cukup menjadi dirimu sendiri,
Carilah kebahagiaan didalam kehidupanmu sendiri, sebab disanalah kamu berada.
Tujuan pokok dari kehidupanmu ialah mengenal jati dirimu, bukan mengenal orang lain.
Pekerjaan utamamu ialah membina diri sendiri, bukan membina orang lain.
Proses untuk mencapai realitas/kebenaran,…
Awalnya tidak mengetahui,…
Kemudian mengetahui,…tetapi tidak mengerti,…
Setelah mengerti,……tetapi belum memahami,….
Kalau sudah memahami,…tetapi tidak menghayati,…
Sudah menghayati,…tetapi tidak menyadari,..
Kamu sudah menyadari, ….tetapi tidak dapat melaksanakan,..
Dapat menyadari dan dapat melaksanakan , itulah jati dirimu,….
Apakah Manusia itu ,….?
Manusia adalah perwujudan dari manas. Dengan manaslah alam raya ini dibentuk dan ditata dan manas pula yang mengatur nasib manusia. Seperti ombak, awan dan salju adalah perwujudan dari air, topan dan angin puyuh adalah perwujudan dari angin, demikianlah keadaan manusia adalah perwujudan dari manas.
Orang yang dapat merasakan alam manas akan dapat membaca nasib seseorang, dapat melihat apa yang akan terwujud, sebab apa yang terwujud ini muncul dari alam manas, alam manas adalah blue print dari alam semesta, sama dengan sebuah lukisan, sebelum terbentuk dia ada terlebih dahulu dalam pikiran pelukis. Manas adalah apa yang ada dalam pikiran universal, sedangkan alam semesta adalah perwujudannya.
Pikiran manusia dapat mengerti struktur biologis manusia, dapat mengerti otak manusia, tetapi pikiran manusia bagaimanapun cerdasnya tidak dapat mengerti pikiran manusia, karena pikiran manusia adalah sebahagian kecil dari pikiran universal. Pikiran manusia hanya dapat dimengerti oleh kesadaran manusia, kesadaran hanya bisa dicapai dengan renungan yang mendalam.
Apakah Dosa itu,..?
Kebanyakan manusia sudah mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik, tetapi apa manusia lakukan bukanlah atas pemikiran mereka yang sempit, melainkan atas pemikiran Universal yang tidak mereka mengerti, karena didasarkan atas hukum-hukum universal.
Apapun yang manusia lakukan , baik yang menguntungkan maupun yang mnerugikan dirinya semua itu bermanfaat bagi kepentingan universal. Jika kamu sudah memiliki kesadaran Universal, tidak ada lagi tindakanmu yang salah, tidak ada dosa bagimu, karena semua tindakanmu itu didasari atas pemikiran universdal..
Persoalannya sekarang ialah,...apakah kesadaranmu sudah mencapai tingkat universal sehingga sesuai dengan pemikiran universal. Apa yang kamu lakukan sudah sesuai dengan pemikiran universal, tetapi pemikiran dan perasaanmu tidak demikian sehingga timbul penolakan, atau penyesalan yang disebut dosa.
Apa yang disebut “ D O S A “ hakikatnya ialah perbedaan antara pemikiran manusiawi dengan pemikiran universal, atau penyangkalan terhadap realitas, yaitu kehendak Tuhan., atau tidak mau menerima kebenaran..
Apa itu realitas,...?
Angin nampaknya ada, dapat diketahui dengan perasaan, tetapi angin bukanlah realitas, realitasnya adalah udara, angin muncul setelah adanya perbedaan tekanan udara. Ombak nampaknya ada, dapat dilihat, tetapi ombak bukanlah realitas, yang real adalah air, ombak muncul setelah adanya perbedaan tekakan air.
Alam maya nampaknya ada, dapat dideteksi dengan seluruh panca indria, tetapi semua itu bukanlah realitas, yang real adalah kesadaran murni, apabila kesadaran murni tercemar kotoran batin, maka muncullah alam maya. Alam maya hakikatnya ialah wujud dari kegelapan, dia merupakan bayangan dari manas.
Kata hati adalah suara intelek, dia memberitahukan kamu mana yang benar dan mana yang salah . Intelek mampu memilah-milah mana yang benar dan mana yang salah berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya , mana yang lebih baik, mana yang lebih menguntungkan berdasarkan perhitungannya.
Suara bathin adalah instuisi, dia mampu memilah-milah mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang seharusnya tidak dilakukan, dia memandang segala sesuatu apa adanya , dia tidak menilai mana yang lebih baik, atau mana yang lebih benar. Suara batin memandang segala sesuatu berdasarkan realitas, dia membeda-bedakan segala sesuatu berdasarkan ini dan itu, bukan berdasarkan baik dan buruk atau benar dan salah.
Mengenal wujud Tuhan.
Pohon tidak perlu belajar bagaimana caranya tumbuh, membuat bunga yang indah dan buah yang lezat, karena hidupnya memang untuk itu, dan yang membuat itu sesungguhnya ialah Tuhan sedangkan pohon itu hanya sarananya, bahkah kalau diselami lebih dalam lagi, pohon itu sendiri sebenarnya adalah manifestasi dari Tuhan.
Demikian pula dalam diri setiap orang, mereka tumbuh dan berjasa sesuai peruntukannya, dia akan jadi sebagaimana seharusnya dia jadi tanpa harus bersusah payah, sebab yang bekerja dalam diri setiap orang adalah Tuhan. Setiap orang adalah manifestasi dari Tuhan, oleh karena itu kamu harus menghormati setiap orang, apapun profesinya.
Percuma kamu berbicara spiritual kepada orang yang belum waktunya untuk memasuki alam spiritual, sama dengan dosen matematika yang memberi kuliah disekolah dasar. Sekalipun seseorang sudah memasuki alam spiritual, kamu juga hanya bisa berbicara sesuai tingkat pemahamannya.
Memburu dan mengenal Tuhan,.........
Tuhan adalah wujudnya universal, adalah gabungan dari unsur kesadaran dan unsur material. Kesadaran bagian dalam dari Tuhan dan material bagian luarnya. Seluruh alam raya ini adalah wujud dari material, dan manifestasi dari Tuhan.
Apakah Tuhan bisa merasakan sakit,..? Yaa bisa sebab dalam manifestasinya sebagai makhluk hidup dia merasakan apa yang dirasakan oleh makhluk hidup. Kesadaran tidak merasakan sakit, demikian pula material, tetapi penyatuan kesadaran dan material akan membentuk kehidupan, dan dalam kehidupan itulah munculnya rasa sakit. Seperti Yesus, dia adalah manifestasi dari Tuhan yang memiliki kesadaran, tetapi masih memiliki kesadaran daging/kehidupan sehingga dia merasakan adanya sakit. Setelah dia meninggalkan kehidupan, dia bebas dari rasa sakit.
Apakah bedanya kesadaran murni dengan kesadaran Tuhan,...? Kesadaran murni adalah kesadaran yang tidak dipengaruhi oleh unsur material, sehingga dia tidak merasakan pengaruh daging, dia tidak merasakan rasa sakit, sedangkan kesadadaran Tuhan adalah kesadaran Universal yang mengandung unsur kehidupan sehingga dia merasakan rasa sakit dibagian kehidupan.
Sebagai contoh, manusia adalah manifestasi Tuhan secara lengkap, bagian material yang dominan seperti rambut dan kuku, tidak merasakan rasa sakit, demikian bagia dominan kesadaran tidak pernah merasa sakit. Yang paling merasakan sakit ialah bagian saraf, yaitu bagian yang paling menentukan kesadaran biologis kehidupan. Kesadaran murrni mempunyai daya cipta, dialah yang mampu membuat kehidupan, mampu membuat ini dan itu, walaupun dia tidak memiliki energi fisik..
Kesadaran manusia/kehidupan terdiri dari
Kesadaran fisik.
Kesadaran manas, perasaan dan pikiran.
Kesadaran bathin, kesadaran roh,
Kesadaran murni/tidak ada unsur materialnya.
Kesadaran Tuhan/universal berada dalam semua wujud kesadaran itu bahkan menyatu dengan kesadaran semua kehidupan yang ada, baik manusia binatang maupun tumbuh-tumbuhan sedangkan kesadaran murni berada diluar kehidupan.
Apakah manusia bisa mencapai kesadarn murni,..? Manusia bisa mencapai kesadaran murni dalam kondisi meditasi, tanpa pikiran dan perasaan. Jika seseorang dapat membersihkan batinnya, tanpa melakukan meditasi, dia bisa mencapai kesadaran murni.
Dalam alam kesadaran murni, tidak ada lagi identitas, misalnya sang budha, Kristus, Baba dll sebab semua sudah menyatu seperti patung garam menyatu dengan air laut. Misalnya bermacam-macam patung garam kita masukkan kedalam laut, maka semua patung itu akan lebur menjadi air, tidak ada lagi identitas patung, yang ada hanya air laut.
Demikian pula halnya manusia yang mengejar kesucian, setelah mereka mencapai puncak kesuciannya, identitasnya akan hilang dia akan lebur kedalam alam illahi, dia tidak bisa lagi masuk kedalam alam kehidupan . Kalau pun ada makhluk suci yang dilahirkan ke dalam alam kehidupan, itupun bukan atas kehendaknya, tetapi atas program universal..
Siapakah yang membentuk Tuhan,..?
Kesadaran Murni yang membentuk Tuhan, dan juga mengakhirnya sebab Tuhan adalah wujud dari program universal yang dikehendaki oleh Kesadaran murni.. Jika program sudah berakhir maka semua wujud, dan semua aktivitas akan lenyap, tidak ada apapun yang ada, sehinga orang sebut kekosongan.
Apakah kesadaran murni yang terdapat dalam manusia dapat mencipta,,..? yaa dapat seperti orang2 suci yang dapat menciptkan benda tertentu, asal programnnya mermang demikian, semua aktivitas dalam alam ini sudah ditata dalam program universal. Kesadaran Brahman sendiri sudah berada dalam program apalagi kesadaran individu manusia, oleh karena itu tidak semua doa manusia dikabulkan oleh Tuhan, hanya yang ada dalam program yang dikabulkan.
Penciptaan sesungguhnya hanya terjadi satu kali, yaitu saat program itu diciptakan, aktivitas selanjutnya hanya melaksanakan isi program sampai selesai, sesudah itu akan ada penciptaan program baru. Bagi manusia aktivitas alam raya ini seolah-olah tidak akan berakhir, karena waktunya sangat lama jika dibandingkan dengan umur manusia, tetapi bagi kesadaran murni, waktu pelaksaaan program itu mungkin hanya sehari.
Kalau Kehidupan manusia sudah berada dalam program, apa arti tindakan manusia,..?
Semua aktivitas manusia berada dalam satu tatanan, saling berkaitan satu sama lainnya dengan satu tujuan universal, yaitu pemisahan unsur material dengan unsur kesadaran.
Nasib manusia semua sama, seperti anjing rumput, seperti karangan bunga, setelah dipakai dibuang kebak sampah,..
Semua manusia, semua makhluk hidup, semua makhluk halus seperti dewa2 gendarwa, malaikat dan iblis berada dalam program universal.
Program itu dirancang mulai alam ini tidak ada, menjadi ada dan kembali ke-tidak ada.
Setiap kelahiran manusia sudah dibekali “Darma” yaitu paket program, dan diberi karakter sesuai dengan Darmanya, diberi kostum yaitu fisik sesui dengan peruntukannya. Oleh karena itu setiap orang akan dapat menjalankan darmanya dengan mudah, kalau dia lakukan dengan ikhlas
Bagaimana idealnya sikap manusia menjalani hidup ini,....?
Jalanilah hidup ini apa adanya, jadilah kamu seperti apa yang diperuntukkan bagimu,...
Lakukan profesimu sebagai panggilan hidupmu .
Baik-buruk, moral–amoral, benar-salah, semua bentuk dualisme itu adalah hayalan manusia, bebaskan dirimu dari pengaruh dualisme yang membingungkan itu.
Jangan membenci kondisi apapun yang kamu hadapi, jangan pulang ingin seperti orang lain, karena hal itu akan menyiksa batinmu..
Pemahaman tentang mimpi,...
Mimpi adalah rangsangan terhadap memori sehingga menimbulkan alam kehidupan semu yang hanya ada dalam perasaan pada waktu tidur.
Kalau terjadi mimpi yang jelas,.. baik alur ceritra maupun tokoh-tokohnya, maka ini bertarti rekaman kehidupan yang lalu atau kehidupan sekarang dimunculkan secara utuh sehingga dapat dipakai untuk mengetahui masa lalu, atau meramal apa yang akan terjadi.
Roh makhluk yang sudah mati, membawa memori ke-alam baka bercampur dengan memori makhluk-makhluk lainnya. Kalau rokh tersebut masuk kembali kedalam kehidupan, potongan-potongan memori itu ikut terbawa, kemudian memori-memori itu bisa muncul kembali di alam mimpi.
Semua unsur biologis yang ada di alam ini mengandung unsur –unsur memori dari beberpa jenis kehidupan yang pernah dijalaninya. Jadi setiap makanan yang kamu makan bisa mengandung unsur memori sehingga bisa muncul di alam mimpi, demikian pula setiap helai benang yang kamu pakai setiap barang2 yang ada disekitarmu mengandung unsur memori dari pembuatnya, oleh karena itu bisa muncul di alam mimpi..
Apakah perbedaan antara perasaanmu dengan perasaan Tuhan,..? antara pemikiranmu dengan pemikiran Tuhan,..?
Seluruh perwujudan alam ini adalah perwujudan Tuhan, seluruh karakter dan perasaan yang ada di alam raya ini adalah manifestasi karakter dan perasaan Tuhan..
Kesadaran biologis yang ada pada setiap orang, yang ada pada setiap makhluk adalah bayangan dari kesadaran Murni, adalah bayangan dari kesadaran Tuhan. Didalam diri manusia, bayangan kesadaran murni itu disebut Ego. Makin sedikit kotoran batin, makin jelas bayangan itu, jika batin manusia sudah bersih total dari manas, maka kesadaran manusia akan sama dengan kesadaran Tuhan.
Demikian pula pemikiran manusia adalah cahaya atau sinar dari pemikiran Tuhan yang dicemari oleh manas sehingga tidak murni. Jika kotoran batin manusia sudah bersih, maka pikiran manusia akan jernih, sama dengan pikiran Tuhan.
Kesadaran dan pemikiran Tuhan yang masuk kedalam fisik makhluk hidup akan menimbulkan kesadaran dan pemikiran makhluk tersebut. Makin tinggi tingkat evolusi makhluk tersebut kesadarannya akan makin tinggi, dan akhirnya akan sama dengan kesadaran Tuhan.
Kalau manusia merasakan sakit, maka yang merasakan sakit itu adalah kesadaran fisiknya, karena kesadaran fisik itu sangat dipengaruhi oleh manas/kotoran batin, kalau kotoran batin sudah bersih total maka kesadaran murni tidak akan merasakan sakit pada fisiknya.
Kesadaran murni, atau kesadaran Tuhan tidak dipengaruhi oleh kondisi fisik, tetapi bayangan kesadaran Tuhan yang terbentuk didalam fisik sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik, karena dia mengandung unsur fisik/manas.
Apabila kesadaran fisik telah dapat membebaskan dirinya dari pengaruh fisik, atau manusia telah dapat membersihkan batinnya dari unsur manas, maka dia akan mencapai kesadaran murni, sama dengan kesadaran Tuhan.
Dalam alam ini banyak macam benda, banyak jenis makhluk yang nampaknya bukan Tuhan, tetapi sesungguhnya semua itu adalah Tuhan juga yang mengambil wujud lain. Sebagai contoh, di toko pakain yang kamu lihat adalah bermacam-macam pakaian, kamu tidak melihat benang, tetapi sesungguhnya semua jenis pakaian itu adalah perwujudan dari benang.
Untuk dapat melihat Tuhan dalam segala hal diperlukan pemahaman spiritual, sama seperti melihat benang dalam dalam berjenis-jenis pakaian diperlukan pemahaman tentang pakaian , kain dan benang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar