Senin, 30 November 2009

TIGA LAPIS ALAM KEHIDUPAN

Dalam beberapa tulisan saya menyangkut pemahaman spiritual, saya sebutkan bahwa manusia terdiri dari dua bahagian yaitu jasmani dan rohani. Dalam perjalanan meditasi, saya mendapat koreksi “ manusia bukan terdiri dari dua bahagian, tetapi tiga bahagian kehidupan”

Saya ambil contoh dari ajaran Budha, (mohon koreksi dari unat budha karena semua buku2 saya sdh hilang) disana ada disebutkan alam Bodhisatwa, alamTatagatha. dan alam Budha. Waktu Budha memberi ajaran tentang kesadaran murni, yang banyak hadir ialah kalangan tatagatha, jumlahnya amat banyak, seperti pasir dilaut.

Alam bodhisatwa ialah kehidupan duniawi sebagai manusia. Para bodhisatwa ialah manusia yang sudah mencapai tingkat akhir dari evolusi kehidupan sebagai makhluk hidup.
Makhluk tatagatha , ialah mereka yang sudah bisa lepas dari kehidupam duniawi, tetpi belum bisa mencapai alam budha, karena kesadrannya belum bersih.
Alam Budha ialah alam kesadaran murni, dia meresap dalam seluruh alam kehidupan tetapi tidak terikat, dia sifatnya murni kesadaran

Didalam tumbuh2an dia memberi kesadaran kepada tumbuh2an sehingga dia bisa mengambil zat2 dari dalam tanah, mengubahnya menjadi buah dan daun, untuk komsumsi hewan dan manusia.

Didalam binatang dia memberi kesadaran kepada binatang sehingga dia bisa memiiih makanan, berkembang biak dll, selanjutnya menjadi konsumsi bagi manusia.
Didalam manusia dia memberi kesadaran kepada manusia sehingga dia bisa menggunakan akal –pikirannya untuk mencapai hal2 yang bersifat abstrak, menggunakan panca indrianya untu mendeteksi lingkungannya,

Seperti halnya evolusi dari binatang ke manusia kita mengenal makhluk peralihan, seperti manusia srigala, harimau jadi-jadian, manusia kanibalisme, pembunuh berdarah dingin, sadisme, semua itu menunjukkan sifat2 kebinatangan.

Demikian pula ada makhluk peralihan dari alam duniawi ke alam tatagatha, yaitu para bodhisatwa. Sifat2 manusiawinya sudah berkurang, misalnya mencari kekayaan, mencari ketenaran, kehidupan sosial, kehidupam rumah tangga, sudah berkurang, sebaliknya sifat2 makhluk tatagatha mulai nampak, misalnya individualistis.

Kesimpulan dari tulisan ini ialah,..manusia terdiri dari tiga lapis alam , yitu alam fisik, alam rohani dan alam kesadaran. Sorga bukan merupakan akhir tujuan manusia, dia masih menggunakan fisik ronahi, dia masih bisa mati, tujuan akhir ialah kesadaran murni.
Seperti peluncuran Satelite, roket pertama (fisik)dibuang setelah menembus atmofir bumi, roket kedua (batin)dibuang setelah meninggalkan gavitasi bumi, akhirnya sampai diruang angkasa, (alam kesadaran murni.) (madeteling@plasa.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar